Laman

Perhelatan APEC, Air Asia Batalkan 81 Penerbangan

2 Okt 2013

Perhelatan APEC, Air Asia Batalkan 81 Penerbangan


TEMPO.COBandung - Communications Manager Air Asia Indonesia Audrey Progastama Petriny mengungkapkan, untuk menyesuaikan jadwal penutupan Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, selama perhelatan APEC, ada 81 penerbangan Air Asia yang dibatalkan. "Baik penerbangan domestik maupun internasional, kedua-duanya," kata dia saat dihubungi Tempo, Senin, 30 September 2013. 

Menurut dia, karena perhelatan APEC, Bandara Ngurah Rai ditutup untuk penerbangan sipil pada waktu tertentu selama 3 hari. Penerbangan itu antara lain tanggal 6 Oktober 2013 mulai pukul 10.00 WITA sampai 20.00 WITA, lalu pada 8 Oktober 2013 mulai pukul 13.00 WITA sampai 20.00 WITA, dan pada 9 Oktober 2013 mulai pukul 07.00 WITA sampai 14.00 WITA.

Mengikuti jadwal penutupan bandara itu, Maskapai Air Asia Indonesia mengubah 53 jadwal penerbangan, serta sebanyak 81 penerbangan dibatalkan. "Itu semua penerbangan yang mengikuti periode tersebut," kata Audrey. 

Audrey mengatakan, penumpang yang mengalami perubahan jadwal penerbangan, termasuk yang pesawatnya dibatalkan jadwal penerbangannya, telah mendapatkan pemberitahuan. "Notifikasi sudah kami berikan lewat email atau SMS," kata dia. 

Khusus bagi penumpang yang jadwal penerbangannya dibatalkan, Maskapai Air Asia menawarkan 3 opsi. Pertama, menjadikan uang pembelian tiket itu sebagai Credit Shell,deposito untuk pembelian tiket dengan masa berlaku 90 hari. Opsi kedua, pengembalian uang tunai secara penuh, full refund, sesuai dengan jumlah yang tertera dalam tiket. "Begitu mereka mendapat notifikasi, mereka bisa langsung memintarefund," kata Audrey. 

Opsi terakhir, Air Asia menawarkan pengubahan jadwal penerbangan. Audrey menuturkan, khusus opsi ini, pengubahan jadwal hanya dibolehkan untuk penerbangan menuju Bali dengan dua pilihan jadwal pengganti yakni memajukan 10 hari sebelum jadwal yang tertera dalam tiket, atau memundurkan jadwal penerbangannya 10 hari kemudian dari jadwal yang dibatalkan itu. 

Maskapai Air Asia Indonesia mengungkapkan telah mendapat pemberitahuan dari pengelola Bandara Ngurah Rai, Bali, tentang kemungkinan terjadinya keterlambatan jadwal penerbangan pesawat. Seluruh penerbangan dari dan menuju bandara itu bakal berpotensi mengalami keterlambatan jadwal penerbangan pada 5 Oktober 2013 dan 7 Oktober 2013. 

0 komentar:

Posting Komentar